Minicalendar
September 2017
SMTWTFS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Link Internal
Link Eksternal
Pengunjung
2.png8.png7.png1.png8.png
Hari ini25
Kemarin26
Minggu ini167
Bulan ini714
Total28718

Siapa yang Online

1
Online

Saturday, 23 September 2017 16:31
Powered by CoalaWeb
Sejak
12-03-2014

Kunjungan Program Doktor Ilmu Ekonomi UNJA ke Kabupaten Merangin

 kunjungan-ke-merangin

MERANGIN-Bupati Merangin H Al Haris menyambut baik kunjungan kerja rombongan Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Jambi (Unja) ke Merangin. Kunjungan tersebut, dalam rangka kegiatan penerimaan mahasiswa baru angkatan III Tahun 2016.

Rombongan yang dipimpin Prof.Dr.H amri Amir, SE M.Si itu, disambut bupati di rumah dinasnya pada Sabtu malam (3/9). Pada malam itu juga sekitar pukul 20.30 Wib, sebanyak30 orang tersebut dijamu makan malam.

Makan malam bersama bupati dan jajarannya itu, berlangsung penuh kekeluargaan. Usai santap malam, Ketua Program Doktor Ekonomi Unja Prof.Dr.H amri Amir, SE M.Si mengajak seluruh elemen masyarakat Merangin untuk melanjutkan pendidikan ,S1 ,S2, S3 di Unja.

‘’Dalam program doktor ekonomi angkatan III hanya ada satu orang dari Kabupaten Merangin yaitu, Asisten I Setda Merangin H Junaidi. Mudah-mudahan nanti akan banyak yang menyusul,’’harap Prof.Dr.H amri Amir, SE M.Si.

Sementara itu Bupati Merangin dalam sambutannya mengaku baru saja menghadiri wisuda dan serahterima Mahasiswa Politeknik Kesehatan Jambi jurusan Kebidanan. Ada puluhan anak Merangin dari keluarga tidak mampu dikuliahkan Kebidanan.

Program tersebut jelas bupati, adalah program Pemerintah Kabupaten Merangin untuk warga yang sangat miskin dari pelosok desa. Mahasiswa ini mendapatkan beasiswa dan sampai wisuda tidak dipungut biaya.

‘’Nanti kalau sudah wisuda, anak-anak ini langsung di-SK-an bekerja di desa-desa asal mereka. Ini bertujuan untuk menekan angka kematian ibu dan anak dipelosok desa, karena selama ini banyak desa tidak memiliki bidan,’’ujar Bupati.

Program tersebut jelas bupati, beawal pengalamannya turun ke desa, dimana di desa itu banyak ibu yang meninggal saat melahirkan. Meninggalnya para ibu itu kerena di desa tersebut tidak ada bidan yang bertugas, sedangkan dukun bayi yang ada tidak mampu secara medis.

Jika saat itu ada petuas bidan, bupati yakin nyawa ibu-ibu itu akan tertolong dengan baik, Dari pengalaman itulah kebudian bupati membuat kebijakan beasiswa Program Kebidanan untuk anak tidak mampu di pelosok desa bekerjasama dengan Politeknik KesehatanJambi.

Pada kesempatan itu, bupati juga memaparkan sekarang ini hampir semua Puskesmas di Merangin telah melakukan program E-Puskesmas. Program E-Puskesmas ini menjadi program percontohan Provinsi Jambi.

‘’Jadi sistem online yang diterapkan sebanyak 13 Puskesmas di Merangin ini akan semakin maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat. Menariknya saya dari jauh dimana saja, bisa mengontrol para medis yang masuk kerja para hari itu,’’terang Bupati.

Jadi bupati tahu, dokter dan para medis mana yang masuk kerja dan tidak masuk kerja para hari itu, karena semua telah menggunakan sistem online. Pemkab Merangin juga punya program Rumah Sakit Berjalan.

Program ini dari sebuah mobil dilengkapi peralatan medis dan dokter, yang setiap hari turun ke desa-desa menemui paseiennya. Di rumah sakit berjalan itu, pasien bisa USG, sehingga tahu jenis kelamin anak yang dikandung pada usia delapan bulan.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Prof.Dr.H amri Amir, SE M.Si dan rombongan yang bersedia bersilaturahmi ke Kabupaten Merangin, Usai santap malam itu juga dipaparkan berbagai objek wisata yang dimiliki Merangin disampaikan Kadis Pariwisata Jangcik Mohza.(*)

Penulis: Nazarman

Editor: Nazarman

Sumber: Sarkopos.com; 4 September 2016